ngekngok

Thursday, July 1, 2010

[vfx-ngawur :p ]Sparkling Birthday


Disini saya mencoba utk mengingat kembali ilmu lightning rnder pk maya,sekaligus sharing teknik lightning utk vfxnya.

WIPnya masih ada di ICG klo ga salah judulnya "Sparkling Birthday" dan blablablabla (ga penting ah).
Sudah lama saya cerai dengan maya semoga saya masih ingat dan petunjuk2nya g salah.

Scenenya saya buat simple aja,namun utk lightning aga saya tonjolin se(bisa mungkin sehyper )realistik mungkin namun kecepatan render yg saya gapai juga harus gegas.Disini saya memakai teknik IBL (image based lightning) untuk lightningnya.Yg mana teknik IBL udah usang namun demikian teknik IBL masih digunakan pd pilm2 besar kyk Transformer,district "songo" xDD dll.

utk envienya saya pake quad projection karena saya tidak mempunyai peralatan yg memadai (semisal kamera SLR full frame + lensa fish eye),maka saya pake kamera prosumer utk memotret referensi yg akan digunakan sbg texture yg nantinya digunakan sbg IBLnya nanti :).

Pertama-tama saya mulai memasukkan image sequence ke dalam viewport.Dibawahnya robot tadi trus saya tambahkan plane secukupnya.

Tips bermain shader:
1.Mengenal karakteristik shader.
Utk menghasilkan material metal,saya kustomisasi sedemikian rupa sehingga material tersebut akan nampak sangat nyata pantulan specularnya meski dari jarak dekat sekalipun.Disini saya menggunakan blinn...saya pilih blinn biar cepet-cepetan aja waktu itu =p (pada saat2 tertentu karakteristik material kudu disesuaikan dengan lika-liku dari objek yg akan diassign ).Robot saya ini simple lekak-lekuk tubuhnya juga sudut2nya tdk terlalu runcing.

2.Make it simple with customization

Saya buka hypershade trus add 3 blinn ke work area.Masing2 blinn saya maksimalkan transfarasnsinya sehingga yg terlihat hanya specularnya aja.Salah satu blinn saya tambahkan noise.Lalu terakhir saya tambah layered shader,tiga blinn tadi lalu saya (bungkus memakai layered shader)klik middle mouse saya geser ke area attribut layered shader tadi.Geser sesuai dengan urutan yg anda inginkan.


3.Assign material
Setelah semuanya selesai ya saya assign.Gampang kan ^_____^ *ga bondhoo banget

Render setting:

1.FG=on

2.Back light.
pada scene ini saya hanya memakai 1 light aja yaitu dari arah belakang.Saya pakai spot light dengan depth map shadow(resolusinye 2048x2048)

3.Pada plane dibawah karakter saya assign background shader ,dan tentu saja atur intensitas shadownya sesuka hati

4.Untuk sinar pada matanya ,pada sphere saya kasih material pong trus glow effect dan pada arah depan dan belakang saya kasih spot lights.Supaya cahaya antara back light ama spot lights yg menyinari mata tadi tdk berbenturan maka saya edit pake relationship editor ,saya diskonek seperlunya .Yg jelas spot lights depan belakang tadi hanya menyinari sphere aja utk geometri yg lain saya diskonek.

5.JPEG bukan HDRi ~_~.
Gunakan hdri jangan JPEG nanti anda akan kesusahan klo pk JPEG.Disini saya pake jpeg karena waktu akan memotret pk bracketing saya ada masalah dengan chattering (g punya tripod /biasa dahh uwong ga dhuwe duit xDDD).

6.Gamma slider is Your Friend
Pada saat mainan hdri ,saat ngulik /menyesuaikan intensitas hdrnya (attribut)gamma slider adalah teman baik anda.

7.Make it quick with Shallow DOf
saya pake f/11 utk settingan f/stop kameranya

gitu aja deh.Kalau ada yg kurang tepat mohon koreksinya

maturnuwun.

No comments: