ngekngok

Sunday, February 13, 2011

MalwareBytes-Anti malware dan isu keamanan internet nowdays

     Juragans !,apakah ente sudah merasa kompie ente aman dari serangan malware?? Apakah dengan melakukan update secara berkala  Anti Virus, kompie ente 100% aman??
Jawabannya : "belum tentu"

     Seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi saat ini ,para 'peretas' kompie nyata-nyatanya juga tambah pinter gan *_*.Saat terkoneksi ke internet kita bak memasang pisau bermata dua.Kenapa bermata dua ?? klo matanya tiga berarti itu adalah 'Goro' (tokoh di pilem Mortal  Kombat wkwkwkwk xD ) ,bermata dua karena selain memberi manfaat internet juga sesekali membawa masalah di belakangnya.

     Berbagai macam teknik menyamarkan malware sampai skrip simple digunakan para 'peretas' kompie utk memenuhi hasrat birahinya X-P busuknya,seperti yang anda ketahui : hari gene udah jamannya transaksi online dan blablablablbla intinya yg berurusan dengan monehlah.Berbicara tentang uang,semua orang juga mau uang lebih-lebih mendapatkan uang dengan cara yang mudah* (*dalam kasus ini saya garis bawahi DENGAN CARA ala SPARTA
alias cara yang ga bener gan )

     Seperti yang saya sebutkan sebelumnya tentang teknik menyamarkan malware,peretas jaman sekarang udah tidak lagi menggunakan cara-cara kekerasan seperti yang dulu-dulu..oh shit (trully i mean it).Ada alasan saya menggerutu .Salah satunya adalah sosial engineering ... <<-- asli paling males gue ngelawan yg satu ini ,karena kita kaga pernah tahu mana yg kawan dan mana yang musuh.

     Lanjut teruss beehh...
     Tadi siang sewaktu saya browsing ke salah satu situs 'bawah tanah',saya menemukan salah satu cara licik memasang keylogger ke komputer korban.Dia menggunakan jowo skrip gan! aka JS  ,wis apalah sebutannya yg jelas embel-embel dibelakangnya itu  .js .Saya kurang begitu tahu tentang skrip2 gituan gan (padahal anak IT-Jaringan khhh... somebody gimme tongkat ali please DX hahaha ,just kidding lha gan ) .Tapi saya g munafik gan krn ane kurang bgt menguasai pemrograman web apalagi yg java javaan ngoten .Disekenariokan script java tadi dieksekusi oleh setiap orang yang membuka homepagenya, skrip .Saya tidak begitu kompeten tentang skrip gini skrip gitu...tapi intinya skrip ini tertanam pada browser dan melakukan ' logging ' baik itu passwd maupun history web yang sedang dikunjungi oleh korban.Info logging tadi dikirim ke file log yg udah di tempatkan ke hosting tertentu dan si heker ini bisa sa enake dewe ndelok passwdmu gan tanpa bersusah payah...plus klo dia pengen ngejatuhin nama baek orang tinggal di upload aja ke client yg ingin tau 'boroknya' si korban ck...  <<-SANGAT SULIT MENDETEKSI KEYLOGGER MACAM BEGINIAN,akan tetapi kayaknya saya pernah ^^; mendeteksinya di mesin linux saya .Waktu itu saya scan memakai clamav ...tauk ah salah satu cara yg lumayan dapat diandalkan adalah menginstall addon 'noscript' kalau anda memakai firefox ,dan hanya perbolehkan situs2 tertentu saja yg bisa menjalankan java skrip.

     Trojan gan...
     Ngemeng-ngemeng tentang trojan.Bagian ini yang aga serem gan,kompie yang terinfeksi trojan mudah sekali dieksploit entah itu di obrak-abrok HDDnya atawa di Shutdown sekalipun usr yg bersangkutan tidak menghendakinya.Kenapa gitu ?? Ya iyalah di remote getoo.Banyak sekali macam-macam trojan yang bertebaran di internet,salah satunya yang terkenal adalah 'bifrost'.Dengan trojan seorang peretas kompie bisa dengan leluasa mengakses file-file penting,ataupun sekedar browsing-browsing di kompie korban.Yang paling parah gan!! doi bisa liat webcam ente ,ataupun mendownload file-file penting ente semisal (barangkali) koleksi 3gp terlarang ente wkwkwk, membaca keylogger dengan leluasa ,bahkan sekedar membuat kompie anda Crash secara tak terduga..pada bifrost peretas tinggal melihat apakah korban sedang online atau tidak ,biasanya ditampilkan dalam nomor IP address plus bendera negara si korban.

user bifrost yang berpengalaman pasti akan menggunakan ddns biasanya no-IP ,agak sulit ngelacaknya gan!! -_-

Sampai di penghujung tulisan entry ini,saya berpesan ; selain berhati-hati terhadap situs-situs yang anda curigai ,ada baiknya kita (sesekali) mengaudit skrip-skrip yang dieksekusi oleh those sites agar lebih terjamin keamanan berselancar e-net ,juga kenyamanan anggota keluarga kita yang lain :) .

Oh iya,adapun salah satu software antimalware gratis yang terbukti cukup ampuh melawan malware sekalipun kompie udah terinfeksi namanya 'malwarebytes'

     Malwarebytes adalah salah satu perangkat lunak antimalware gratis yang cukup efektif  dalam memberantas malware.Perangkat lunak ini digunakan untuk mendeteksi dan me-remove malicious software dari komputer anda.Saat komputer anda terinfeksi,Malwarebytes dapat menyediakan pertolongan untuk menghapus infeksi dan mengembalikan ke performa awal.
http://www.malwarebytes.org/



No comments: