ngekngok

Sunday, October 2, 2011

Blocking ads With Privoxy

     Sudah bertahun-tahun lalu saya sudah mencoba privoxy ,namun baru kali ini saja diimplementasikan ke komputer client. Privoxy sendiri adalah non-caching web proxy dengan kemampuan-kemampuan memfilter untuk meningkatkan privasi , memodifikasi data halaman web (ane jadi ingat bursuite ,ama paros proksi wehehee) , meremove adds dan sampah2 sejenisnya. Privoxy sangat flexibel dan mudah dikonfigurasi.

     Gan,penyebar worm kan biasanya memanfaatkan adds utk melancarkan serangannya, tidak berhenti di situ saja ads kadang sangat mengganggu diwaktu selancaran di internet bukan?? 

Disini saya mengujicobakan privoxy diatas mesin windus gan,
1.     Download privoxy di http://sourceforge.net/projects/ijbswa/files/  (kalau di ubuntu tinggal memakai synaptic package management, but remember menjalankan privoxi konon kudu dibatasi aksesnya, chrootinglah istilah kerennya ,berhubung saya masih berskill biasa2 wae so kudu belajar lagi untuk meningkatkan skill ke "Admin Jaringan".

2.     Mengkonfigurasi privoxy,pada windows options>>edit Main Configuration
tambahkan "listen-address :
ex : listen-addres 10.1.1.1:8118 
Jangan lupa untuk meng"uncheck" firewall yang block all incoming connections (klo tidak diuncheck maka mesinnya uncreachable)

3.     Menyetting settingan network proxy pada web browser. berikut adalah konfigurasi pada client 
alamat IP tergantung pada bagaimana anda mengkonfigurasi gatewaynya, apabila kesulitan silahkan tanya pada  Admin "Satpam" Jaringan di lingkungan anda :) . Privoxy sejatinya juga bisa dijalankan standalone ,konfigurasi network proxy pada web browser localhost : 8118

4.     Untuk mengetahui apakah privoxy udah bisa jalan pada mesin kita, tinggal ketik "config.privoxy.org" dari web browser ( jangan lupa mengkonfigurasi network proxi web browsermu gan :D ). Mine's werks man! :-)

adsnya k@skus Di blok GAN :D

No comments: