ngekngok

Saturday, June 26, 2010

[Geje thingy]Migrasi ke Opensource Sopwere

-edit- keknya gw kok lebay ya lately... ga tahu kenapa XD

...katakan: semisal anda sudah mendarah daging mengemudikan mobil sport(ex: Porsche 911 GT Turbo )lalu anda beralih ke Kijang Kapsul maka anda udah tahu persis apa yg terjadi.IYA!!
Pertama, kaget??pastilahhh ^^; ...perbedaan karakteristik mobillah yg terasa saat itu.btw
sejujurnya saya g pernah naek mobil gituan tapi dalam lubuk hati saya yg mendalam ada rasa kePINGIN cuman saya realistis aja wong saya ini wong ga ndhuwe duwit sich...

Hmmm lets to the point.
Sebernernye saya ingin bercerita tentang pengamalan saya beralih dari sopwere bajakan ke sopwere gratisan.Setelah saia mondar-mandir keliling inet.Saya sadar bahwa menggunakan sopwere bajakan itu salah,dan lebih2 merugikan orang lain(terutama penciptanya) plus gono-gininya .Simplenya klo hasil karya anda dibajak orang anda pasti NGAMUK kan??

Sebenarnya saya g begitu perduli akan tetapi lama2 saya menyadari bahwa saya harus peduli dan sadar bahwa SAYA SALAHH memake sopwere bajakenn :( *mengaku tobat =p *

Saya yg awalnya make windos.Sekarang udah Full OSS :Ubuntu + Blender =moarrr productive for mehh.
Beberapa faktor yg mendorong saya beralih ke linux adalah:
a.Saya g gitu suka ngegame katakan :jarang2 aja ngegame
b.Anak IT(jaringan).dengan linux saya lebih mudah berimprovisasi dan menyesuaikan dengan teknologi yg ada.
c.DI linux jg ada codec utk muter lagu ato pilm2 kesukaan meskipun kudu donlot dulu seh hahaha *ribet ya?? ^_^
d.Ada yg bilang klo anak IT Ga bisa linux/unix = GA GAUL tapi GAUwiLaniiii (baca:menjijiken)
dan blablablablabla...

OSnya sekarang saia pake ubuntu lucid selain simple ,Debian based dan irit bahan bakar adlaah salah satu cirinye ^^ dan juga mudah dikonfigurasi.

Lalu utk sopwere Maya,sekarang saia gantiin dengan Blender.
Nih aplikasi keren banget.Dari tahun ke tahun makin canggih aja,dari yg saia amati setahun belakangan ini revolusinya ga tanggung2 menn ajibb polll!!!.Salah satu yg paling mengesankan adalah SMOKEnya itu loo ^_^. Saia pernah denger klo ada bbrp sukarelawan dari ilm,mopun dari weta yg ikut2an memberikan sumbangsih...(i dont know, bener g seh).

Sekeren-kerennya blender yg ada saat ini menurut saya Blender belum keren!!Dan klo ada orang yg bilang klo aplikasi ini adalah aplikasi serbabisa yg bs menggantiken aplikasi serupa yg proprietary,maka pemikiran seperti itu menurut saya kurang tepat ...:D (saya pernah lihat yg begituan d forum *peace mann* ).

Karena sejauh ini Sopwere yg jadi pemain utama dlm persilatan CG itu:
maya,nuke,PRman,realflow
bbrp Studio Gede bahkan udah mempunyai full source code dari bbrp sopwere tersebut.Buat apa??Ya utk kebutuhan riset n teknologi mereka donk.Dreamworks udah punya PRman versinya sendiri (g tau namanya).Sony pic jg demikian (klo g salah nama mesin rendernya : arnold ).Lalu ilm,weta??? saia ga tahu

fiuuuh...ga terasa udah sampai diujung tanduk postingan ini .Awalnya ngomong opensource tapi kok sampai dreamwurk,weta,ilm?? *g ad maksud apa2 kok..but( sejujurnya saia iri dg studio luar negeri,mereka udah melangkah sedemikian jauhnya dalam riset n teknologi sedangkan studio2 CG di Indonesia aja...ya gitu deh).


dipenutup blog geje ini: Saya dengan bangga beralih ke opensource sopwere menggantikan soft bajakan.
Bahkan usrname pd linux sayapun saya beri nama "Aufwiedersehen-Maya" yg dalam bhs jerman aufwiedersehen itu berarti sampai jumpa ,lalu maya itu adalah nama aplikasi 3D yg dulu gw gunakan.

So... sampai jumpa bajakan!

Memakai software proprietary ataupun oss itu tergantung masing2 user memang.Dan lebih2 ga boleh dipaksain.Saya sendiri memakai seperlunya klo ingin ngegame ya makai windows tp pas nulis ngutek jaringan ya pake linux instead of windus.

Sejauh ini saya pake oss dan lancar2 aja.Nah saya aja bisa beralih ke opensource software,kenapa anda tidak ??? ^^

aufwiedersehen

No comments: