ngekngok

Tuesday, June 22, 2010

[testing]Mensimulasikan Smoke pada Blender 2.52

Hmmmmm,sejujurnya pd awalnya saya terinspirasi dari postingan awal pada blendernation tentang sys smoke blender 2.5 yg "katanya"makin keren nan canggih.

Nah berawal dari rasa penasaran itu trus saya coba browsing2 nyari hasil smokenye,dan ternyata...WOW *JAWDROP* simply powerfull mannn!! 0_0.Lalu saya liat2 tuturialnya dan akhirnya nemu andrew price.Honestly dia emang hebat banget masih muda dan canggih deh pokoknye (sejujurnya saya iri )

kita masuk pada tahap testing:



ternyata makan waktu lama utk ngebake particle smokenya.Dibutuhkan kurang lebih 40menit sampai baking pd frame ke 250.Sebagai catatan:maksimal emission stop pada frame 250 Saya tidak tahu apakah itu bug ato bukan karena saya sudah mencoba emissionnya mentok sampai frame ke 250 idont know why.

next,
Setelah tahap baking selesai (di home direktori saya menyisakan duka yg mendalam oleh karena "chacenye" memakan space lebih dari 5Gigabyte TT_TT ).

Pada saat render test saya melakukannya dengan dua cara:
render pake blender internal "pure render" (biasanya shortcutnya tinggal pijet F12 ) :



render test memakai openGL



Di akhir review ini saya berkesimpulan:
1. Sungguh fantastis sebuah software 3D gratisan macam blender yg besarnya kurang lebih 100 mb bisa mensimulasikan smoke demikian cantiknya,klo dibandingkan dengan software propretiary saya no komen aja deh....tp perbedaannya adl mungkin dari segi kecepatan rendernya software plugin propretiary lebih cepet bbrp kali lipat dari blender,

2. Pada blender 2.5 Kecepatan render Smoke yg sangattttt lama,LOOHH??mesin render blender internal adl salah satu mesin render yg terkenal cepat.Nahh lhoo??

salah satu penyebab kenapa kecepatan render smoke d blender SUAANGATTT LAMA...dikarenakan shading particle smokenya itu pake Subsurface Scattering ato biasanya disebut sss...hahaha ~ Tidak mengherankan kalau smoke d blender 2.5 rendernya lama abisss klo dirender pure blender internal krn sssnya juga ikut diitung.

oleh karena itu klo anda hanya sekedar mengetes ato cuman ingin mengetahui alur simulasi smoke.Saya sarankan gunakan OpenGL render yg letaknya dibawah tombol render biasa tadi .

Sementara cukup demikian review dari saya semoga bermanfaat bagi teman2 yg membaca :)

Happy Blending!!!
aufwiedersehen

No comments: