ngekngok

Thursday, July 26, 2012

Tips Memilih Kamera Poket

Hanya ingin berbagi pengamalan 6 tahun berasama fotografi Digital.Dari tahun ke tahun kamera digital berkembang sangat pesat seandainya dibandingkan dengan waktu saya masih awal-awal "ngincip" fotografi digital maka era sekarang ini termasuk yang paling ekstreem.With that lets get started  <--koyok digi tutor ae :p

1.Vendor.
     Sebelum membeli kamera anda pasti sudah ancang-ancang akan menunjuk ke vendor-vendor tertentu bukan. Antara vendor satu dengan yang lain sekilas memang terlihat tidak banyak perbedaan akan tetapi kenyataan berkata lain, kenapa?? penulis pernah membenchmark kamera satu dengan yang lain dengan teman. Dia kameranya s*ny sedangkan penulis n!k*n. Ditengok dari besar Mega Pixel masih besar punya s*ny ,juga dari segi harga masih mahalan punya dia namun demikian harga dan spesifikasi tidak bisa dijadikan acuan baku. Sebut saja dari segi hasil jepretan kamera "n" reproduksi warnanya lebih bagus ketimbang "s", begitu pula dari sisi DOF kamera "n" lebih sempurna meskipun saaat itu f/angka maksimum hanya 3.5 dibandingkan dengan kamera "s" yang f/angkanya maksimum 2.8 DOF tidak terasa sama sekali *preettt. Namun demikian saat itu Sony memang masih awal-awalnya penetrasi ke fotografi digital lihat saja mereka membeli unit produksi konica minolta dan disusul dengan munculnya sony alpha series etc...
     Intinya pastikan vendor incaran anda sudah "berpengalaman" dalam membuat kamera digital.

2.Memperhatikan Pilihan Mode Yang ditawarkan.
     Umumnya kamdig poket sekarang ini menawarkan "programmed auto" dimana user bisa leluasa memilih iso speed yang diinginkan. Iso speed sangat penting dalam fotografi utamanya dengan detail gambar sampai sensitifitas cahaya (low light). Speaking about iso speed:
-semaking rendah iso speed detail gambar semakin tinggi
-semakin tinggi nilai iso speed biasanya diikuti dengan grain dan artefak pada hasil jepretan. Meningkatkan iso speed juga bisa meningkatkan shutter speed.


3.Memperhatikan Spesifikasi Lensa.
     Pilihan lensa kamdig poket bisanya ringkas ada yang wide ada yang tele.
-Wide.
     Lensa wide biasanya f/stop besar mulai dari f/1.8-2.8. Umumnya lensa wide zoomnya terbatas pada kisaran 3-3.5x optical, panjang focal pada kisaran 24-28mm

-tele
    kamera poket lensa tele speknya paling gedhe bukaannya f/2.8 panjang focal 28mm keatas.
    Last thing masing-masing produsen menggandeng lensa2 tertentu dan biasanya karakteristiknya berbeda bisa itu dari vignette, maupun chromatic aberration.

4.Sensor gan!! :D
    Meski pilihan tipe sensor beragam tapi umumnya kamera digital sekarang memakai cmos,kenapa cmos? karena cmos lebih dingin dibanding ccd. Adapula spek yang harus anda perhatikan kalau bisa sesornya "backside illuminated".

5. Image Processing talk too much!
     Boleh dibilang image prosesing memegang peranan penting dalam mereproduksi gambar. Meskipun tidak sespesifik DSLR yang hancur-hancuran edannn.Umumnya img pcrsng pada kamdig poket hanya sebatas reproduksi warna, koreksi iso speed (jika iso tinggi maka bintik-bintiknya dibuat halus), koreksi chromatic abberation (membersihkan 'purple fringe'). 

6.Daya tahan batere.
     Silahkan pilih yang anda sukai rata-rata kamera poket bisa diajak 'njepret' 200 kali sekali charge.

7.HD Video?? (optional).
      Kalau bisa support HD 720,1080 dengan suara stereo, dan formatnya yang paling bagus kompresinya.

8.Harga.
     Pastikan harganya tidak membuat anda merogoh kocek terlalu dalem hahaha xDD

9. Tampilan indikator histogram.(optional)
     Biasanya histogram hanya tersedia pada kamera prosumer keatas,seandainya ada tampilan histogram maka fitur tersebut bisa memudahkan kita membaca kondisi under-over exposure.

last but not least memilih kamera poket butuh trik tersendiri salah-salah anda bisa kecewa karena salah pilih. Unlike DSLR yang spesifik mulai dari pemilihan sensor FX,DX (APS-C,APS-H),CX, four third dan lain-lain sampai besaran pixel sensor rgb pada sensor,memperhatikan konversi analog ke digital ...Embuhh wess ...


No comments: